1. STRATEGI
BESAR
Adalah
rencana umum berupa tindakan-tindakan besar yang digunakan perusahaan untuk
meraih sasaran jangka panjang. Strategi besar dibedakan dalam 3 kategori :
a) Pertumbuhan
(growth)
Dapat dilakukan secara internal meliputi
pengembangan dari produk baru atau produk lama yang mengalami perubahan dan
secara eksternal dengan memperoleh tambahan divisi bisnis atau diversifikasi
yang artinya mengakuisis bisnis yang terkait dengan lini produk saat itu.
b) Stabilitas
(stability) atau Strategi Diam
Artinya adalah bahwa organisasi ingin
tetap berada pada ukurannya yang sama atau tumbuh perlahan dengan cara-cara
yang masih dapat dikendalikan.
c) Pemangkasan
(retrenchment)
Berarti organisasi terpaksa melalui
periode terjadinya penurunan dengan penyusutan unit bisnis yang ada saat ini
atau menjual atau melikuidasi keseluruhan unit bisnis.
2. STRATEGI
GLOBAL
Di arena internasional,
perusahaan-perusahaan menghadapi dilema strategi antara integrasi global dan
tanggung jawab nasional. Ada 3 kategori staretgi global, yaitu :
a. Strategi
Globalisasi
Merupakan standarisasi rancangan produk
dan strategi periklanan di seluruh dunia. Dasar strategi ini adalah anggapan
adanya pasar global tunggal untuk produk konsumen dan industri.
b. Strategi
Multidomestik
Adalah modifikasi desain produk dan
strategi periklanan untuk mengakomodasi kebutuhan spesifik dari masing-masing
negara. Maksudnya adalah perusahaan multinasional ada di sejumlah negara, namun
periklanan dan rancangan produknya disesuaikan dengan kebutuhan spesifik
masing-masing negara.
c. Strategi
Transnasional
Yaitu strategi yang mengkombinasikan
koordinasi global untuk meraih efisiensi dengan fleksibilitas untuk memenuhi
kebutuhan spesifik pada berbagai negara. Strategi ini bertujuan untuk mencapai
integrasi global sekaligus daya respon nasional.
3. TINGKATAN
STRATEGI
Ada beberapa tingkatan strategi, antara
lain :
ü Enterprise Strategy
Strategi ini berkaitan dengan respon
masyarakat. Masyarakat sendiri adalah kelompok yang berada di luar organisasi
yang tidak dapat dikontrol. Di dalam, ada pemerintah dan berbagai kelompok lain
seperti kelompok penekan, kelompok politik dan kelompok sosial lainnya. Jadi
dalam strategi enterprise ini terlihat relasi antara organisasi dan masyarakat
luar, sejauh interaksi itu akan dilakukan sehingga dapat menguntungkan
organisasi.
ü Corporate Strategy
Strategi ini berkaitan dengan misi
organisasi, sehingga sering disebut Grand
Strategy yang meliputi bidang yang digeluti oleh suatu organisasi.
Bagaimana misi ini dijalankan, hal ini memerlukan keputusan-keputusan strategik
dan perencanaan strategik yang selayaknya juga disiapkan oleh setiap
organisasi.
ü Bussiness Strategy
Strategi ini berkaitan dengan setiap
unit bisnis atau lini produk. Berhubungan dengan periklanan, arah dan tingkta
penelitian dan pengembangan, perubahan produk, pengembangan produk baru,
peralatan dan fasilitas, dan penambahan atau pengurangan lini produk dan
layanana. Strategi pada tingkat ini menjabarkan bagaimana merebut pasaran
ditengah masyarakat. Bagaimana menempatkan organisasi di hati para penguasa,
para pengusaha, para donor dan sebagainya untuk memperoleh keuntungan strategik
yang sekaligus mampu menunjang berkembangnya organisasi ke tingkat yang lebih
baik.
ü Functional Strategy
Strategi ini merupakan strategi
pendukung dan untuk menunjang suksesnya strategi lain. Strategi ini terkait
dengan departemen-departemen fungsional utama di unit usaha. Strategi
fungsional mencakup semua fungsi utama, termasuk keuangan, penelitian dan
pengembangan, pemasaran, dan produksi. Ada 3 macam strategi fungsional, yaitu :
1. Strategi
fungsional ekonomi
Yaitu strategi yang mencakup
fungsi-fungsi yang memungkinkan organisasi hidup sebagai satu kesatuan ekonomi
yang sehat, berkaitan dengan keuangan, pemasaran, sumber daya, penelitian dan
pengembangan.
2. Strategi
fungsional manajemen
Mencakup fungsi-fungsi manajemen yaitu plainning, organizing, implementating,
controlling, staffing, leading, motivating, communicating, desicion making,
representing, dan integrating.
3. Strategi
isu strategik
Fungsi utamanya ialah mengontrol lingkungan, baik
situasi lingkungan yang sudah diketahui maupun situasi yang belum diketahui
atau selalu berubah
No comments:
Post a Comment