Tuesday, 9 February 2016

STRATEGI

1.      STRATEGI BESAR
            Adalah rencana umum berupa tindakan-tindakan besar yang digunakan perusahaan untuk meraih sasaran jangka panjang. Strategi besar dibedakan dalam 3 kategori :
a)      Pertumbuhan (growth)
Dapat dilakukan secara internal meliputi pengembangan dari produk baru atau produk lama yang mengalami perubahan dan secara eksternal dengan memperoleh tambahan divisi bisnis atau diversifikasi yang artinya mengakuisis bisnis yang terkait dengan lini produk saat itu.
b)      Stabilitas (stability) atau Strategi Diam
Artinya adalah bahwa organisasi ingin tetap berada pada ukurannya yang sama atau tumbuh perlahan dengan cara-cara yang masih dapat dikendalikan.
c)      Pemangkasan (retrenchment)
Berarti organisasi terpaksa melalui periode terjadinya penurunan dengan penyusutan unit bisnis yang ada saat ini atau menjual atau melikuidasi keseluruhan unit bisnis.

2.      STRATEGI GLOBAL
Di arena internasional, perusahaan-perusahaan menghadapi dilema strategi antara integrasi global dan tanggung jawab nasional. Ada 3 kategori staretgi global, yaitu :
a.       Strategi Globalisasi
Merupakan standarisasi rancangan produk dan strategi periklanan di seluruh dunia. Dasar strategi ini adalah anggapan adanya pasar global tunggal untuk produk konsumen dan industri.


b.      Strategi Multidomestik
Adalah modifikasi desain produk dan strategi periklanan untuk mengakomodasi kebutuhan spesifik dari masing-masing negara. Maksudnya adalah perusahaan multinasional ada di sejumlah negara, namun periklanan dan rancangan produknya disesuaikan dengan kebutuhan spesifik masing-masing negara.
c.       Strategi Transnasional
Yaitu strategi yang mengkombinasikan koordinasi global untuk meraih efisiensi dengan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan spesifik pada berbagai negara. Strategi ini bertujuan untuk mencapai integrasi global sekaligus daya respon nasional.

3.      TINGKATAN STRATEGI
Ada beberapa tingkatan strategi, antara lain :
ü  Enterprise Strategy
Strategi ini berkaitan dengan respon masyarakat. Masyarakat sendiri adalah kelompok yang berada di luar organisasi yang tidak dapat dikontrol. Di dalam, ada pemerintah dan berbagai kelompok lain seperti kelompok penekan, kelompok politik dan kelompok sosial lainnya. Jadi dalam strategi enterprise ini terlihat relasi antara organisasi dan masyarakat luar, sejauh interaksi itu akan dilakukan sehingga dapat menguntungkan organisasi.
ü  Corporate Strategy
Strategi ini berkaitan dengan misi organisasi, sehingga sering disebut Grand Strategy yang meliputi bidang yang digeluti oleh suatu organisasi. Bagaimana misi ini dijalankan, hal ini memerlukan keputusan-keputusan strategik dan perencanaan strategik yang selayaknya juga disiapkan oleh setiap organisasi.
ü  Bussiness Strategy
Strategi ini berkaitan dengan setiap unit bisnis atau lini produk. Berhubungan dengan periklanan, arah dan tingkta penelitian dan pengembangan, perubahan produk, pengembangan produk baru, peralatan dan fasilitas, dan penambahan atau pengurangan lini produk dan layanana. Strategi pada tingkat ini menjabarkan bagaimana merebut pasaran ditengah masyarakat. Bagaimana menempatkan organisasi di hati para penguasa, para pengusaha, para donor dan sebagainya untuk memperoleh keuntungan strategik yang sekaligus mampu menunjang berkembangnya organisasi ke tingkat yang lebih baik.
ü  Functional Strategy
Strategi ini merupakan strategi pendukung dan untuk menunjang suksesnya strategi lain. Strategi ini terkait dengan departemen-departemen fungsional utama di unit usaha. Strategi fungsional mencakup semua fungsi utama, termasuk keuangan, penelitian dan pengembangan, pemasaran, dan produksi. Ada 3 macam strategi fungsional, yaitu :
1.      Strategi fungsional ekonomi
Yaitu strategi yang mencakup fungsi-fungsi yang memungkinkan organisasi hidup sebagai satu kesatuan ekonomi yang sehat, berkaitan dengan keuangan, pemasaran, sumber daya, penelitian dan pengembangan.
2.      Strategi fungsional manajemen
Mencakup fungsi-fungsi manajemen yaitu plainning, organizing, implementating, controlling, staffing, leading, motivating, communicating, desicion making, representing, dan integrating.
3.      Strategi isu strategik
Fungsi utamanya ialah mengontrol lingkungan, baik situasi lingkungan yang sudah diketahui maupun situasi yang belum diketahui atau selalu berubah

No comments:

Post a Comment