REWARD
DAN INSENTIF STRATEGI
Pengertian Reward dan Insentif
Reward
Reward atau
penghargaan adalah sebuah bentuk apresiasi kepada suatu prestasi tertentu
yang diberikan, baik oleh dan dari perorangan ataupun suatu lembaga yang
biasanya diberikan dalam bentuk material atau ucapan. Fungsi dari reward
diantaranya :
1.
Memperkuat motivasi untuk memacu
diri agar mencapai prestasi
2. Memberikan
tanda bagi seseorang yang memiliki kemampuan lebih
3.
Bersifat Universal
Reward
dapat dibedakan menjadi dua, yaitu reward intrinsik dan reward ekstrinsik.
Reward intrinsik yaitu reward yang diterima karyawan untuk dirinya sendiri.
Biasanya reward ini merupakan nilai positif atau rasa puas karyawan terhadap dirinya
sendiri karena telah menyelesaikan suatu tugas yang baginya cukup menantang.
Teknik-teknik pemerkayaan pekerjaan, seperti pemberian peran dalam pengambilan
keputusan, tanggung jawab yang lebih besar, kebebasan dan keleluasaan kerja
yang lebih besar dengan tujuan untuk meningkatkan harga diri karyawan, secara
intrinsik merupakan imbalan bagi karyawan. Reward
ekstrinsik mencakup kompensasi langsung, kompensasi tidak langsung dan reward
bukan uang. Termasuk dalam kompensasi langsung antara lain adalah gaji pokok,
upah lembur, pembayaran insentif, tunjangan, bonus; sedangkan termasuk
kompensasi tidak langsung antara lain jaminan sosial, asuransi, pensiun,
pesangon, cuti kerja, pelatihan dan liburan. Reward bukan uang adalah kepuasan
yang diterima karyawan dari pekerjaan itu sendiri atau dari lingkungan
psikologis dan/atau phisik dimana karyawan bekerja. Termasuk reward bukan uang
misalnya rasa aman, atau lingkungan kerja yang nyaman, pengembangan diri,
fleksibilitas karier, peluang kenaikan penghasilan, simbol status, pujian dan
pengakuan.
Strategi
pemberian penghargaan merupakan suatu pernyataan yang menjelaskan apa yang
diinginkan perusahaan dalam jangka panjang untuk mengembangkan dan menerapkan
kebijakan, praktek dan proses pemberian penghargaan yang mendukung pencapaian
tujuan bisnis dan memenuhi kebutuhan dari para pemegang saham. Strategi
pemberian penghargaan menawarkan tujuan dan arah dan suatu kerangka pikir untuk
mengembangkan kebijakan, praktek dan proses pemberian penghargaan.
Hal ini
didasarkan pada pemahaman akan kebutuhan organisasi dan karyawan dan bagaimana
mereka dapat dipuaskan dengan baik. Hal ini juga berkaitan dengan pengembangan
nilai-nilai organisasi terhadap bagaimana memberikan penghargaan terhadap para
karyawan dan merumuskan prinsip-prinsip dasar yang memastikan bahwa nilai-nilai
tersebut diterapkan. Strategi pemberian penghargaan disokong oleh filosofi
pemberian penghargaan yang mengungkapkan kepercayaan organisasi yang menjadi
dasar penilain dan penghargaan terhadap karyawan. Filosofi pemberian
penghargaan seringkali dikenal dengan prinsip-prinsip utama.
No comments:
Post a Comment