Tuesday, 9 February 2016

Pengertian Reward dan Insentif


REWARD DAN INSENTIF STRATEGI

Pengertian Reward dan Insentif
Reward
Reward atau penghargaan adalah sebuah bentuk apresiasi kepada suatu prestasi tertentu yang diberikan, baik oleh dan dari perorangan ataupun suatu lembaga yang biasanya diberikan dalam bentuk material atau ucapan. Fungsi dari reward diantaranya :
1.      Memperkuat motivasi untuk memacu diri agar mencapai prestasi
2.      Memberikan tanda bagi seseorang yang memiliki kemampuan lebih
3.      Bersifat Universal
Reward dapat dibedakan menjadi dua, yaitu reward intrinsik dan reward ekstrinsik. Reward intrinsik yaitu reward yang diterima karyawan untuk dirinya sendiri. Biasanya reward ini merupakan nilai positif atau rasa puas karyawan terhadap dirinya sendiri karena telah menyelesaikan suatu tugas yang baginya cukup menantang. Teknik-teknik pemerkayaan pekerjaan, seperti pemberian peran dalam pengambilan keputusan, tanggung jawab yang lebih besar, kebebasan dan keleluasaan kerja yang lebih besar dengan tujuan untuk meningkatkan harga diri karyawan, secara intrinsik merupakan imbalan bagi karyawan. Reward ekstrinsik mencakup kompensasi langsung, kompensasi tidak langsung dan reward bukan uang. Termasuk dalam kompensasi langsung antara lain adalah gaji pokok, upah lembur, pembayaran insentif, tunjangan, bonus; sedangkan termasuk kompensasi tidak langsung antara lain jaminan sosial, asuransi, pensiun, pesangon, cuti kerja, pelatihan dan liburan. Reward bukan uang adalah kepuasan yang diterima karyawan dari pekerjaan itu sendiri atau dari lingkungan psikologis dan/atau phisik dimana karyawan bekerja. Termasuk reward bukan uang misalnya rasa aman, atau lingkungan kerja yang nyaman, pengembangan diri, fleksibilitas karier, peluang kenaikan penghasilan, simbol status, pujian dan pengakuan.
Strategi pemberian penghargaan merupakan suatu pernyataan yang menjelaskan apa yang diinginkan perusahaan dalam jangka panjang untuk mengembangkan dan menerapkan kebijakan, praktek dan proses pemberian penghargaan yang mendukung pencapaian tujuan bisnis dan memenuhi kebutuhan dari para pemegang saham. Strategi pemberian penghargaan menawarkan tujuan dan arah dan suatu kerangka pikir untuk mengembangkan kebijakan, praktek dan proses pemberian penghargaan.

Hal ini didasarkan pada pemahaman akan kebutuhan organisasi dan karyawan dan bagaimana mereka dapat dipuaskan dengan baik. Hal ini juga berkaitan dengan pengembangan nilai-nilai organisasi terhadap bagaimana memberikan penghargaan terhadap para karyawan dan merumuskan prinsip-prinsip dasar yang memastikan bahwa nilai-nilai tersebut diterapkan. Strategi pemberian penghargaan disokong oleh filosofi pemberian penghargaan yang mengungkapkan kepercayaan organisasi yang menjadi dasar penilain dan penghargaan terhadap karyawan. Filosofi pemberian penghargaan seringkali dikenal dengan prinsip-prinsip utama.

No comments:

Post a Comment