Tuesday, 9 February 2016

MANAJEMEN STRATEGIK KONSEP DASAR STRATEGI

MANAJEMEN STRATEGIK
KONSEP DASAR STRATEGI

A.    PENGERTIAN STRATEGI
Beberapa tahun terakhir ini perkembangan dunia bisnis sangatlah cepat dan membuat pelaku bisnis didalamnya harus bekerja keras agar keberadaannya diakui oleh pelanggan mereka. Oleh karena itu para pengambil keputusan (Chief Executive Officer) tidak lagi berpikir untuk mencari keuntungan semata, namun juga harus berpikir secara strategik karena seperti yang dikatakan oleh Jenderal Karl von Clausewitz pada tahun 1831 dalam bukunya “On War”, bahwa bisnis adalah sebuah peperangan.
Berpikir strategik juga sangat diperlukan untuk mengatasi masalah-masalah strategik yang timbul seiring dengan berkembangannya perusahaan/organisasi. Karakteristik dari masalah-masalah strategik adalah sebagai berikut:
1.      Berorientasi pada masa depan
2.      Biasanya berhubungan dengan unit bisnis yang sangat komplek
3.      Memerlukan perhatian dari manajemen puncak
4.      Akan mempengaruhi kemakmuran jangka panjang dari perusahaan
5.      Melibatkan pengalokasian sejumlah besar sumber-sumber daya perusahaan.
Jika dijabarkan arti kata strategi adalah sebagai berikut:
·         Strategi adalah rencana komprehensif untuk mencapai tujuan organisasi
·        Menurut KBBI, strategi adalah ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang maupun damai.
·         Secara eksplisit, strategi adalah rencana tindakan yang menjabarkan alokasi sumber daya dan aktivitas lain untuk menanggapi lingkungan dan membantu organisasi mencapai sasarannya.
·         Pengertian strategi secara umum, yaitu strategi merupakan proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang terfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.
·         Pengertian strategi secara khusus, yaitu strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan.
·         Intinya strategi adalah pilihan untuk melakukan aktivitas yang berbeda atau untuk melaksanakan aktivitas dengan cara berbeda dari pesaingnya.

   

No comments:

Post a Comment