MANAJEMEN
STRATEGIK
KONSEP
DASAR STRATEGI
A.
PENGERTIAN
STRATEGI
Beberapa tahun terakhir ini perkembangan
dunia bisnis sangatlah cepat dan membuat pelaku bisnis didalamnya harus bekerja
keras agar keberadaannya diakui oleh pelanggan mereka. Oleh karena itu para
pengambil keputusan (Chief Executive
Officer) tidak lagi berpikir untuk mencari keuntungan semata, namun juga
harus berpikir secara strategik karena seperti yang dikatakan oleh Jenderal Karl
von Clausewitz pada tahun 1831 dalam bukunya “On War”, bahwa bisnis adalah sebuah peperangan.
Berpikir
strategik juga sangat diperlukan untuk mengatasi masalah-masalah strategik yang
timbul seiring dengan berkembangannya perusahaan/organisasi. Karakteristik dari
masalah-masalah strategik adalah sebagai berikut:
1. Berorientasi
pada masa depan
2. Biasanya
berhubungan dengan unit bisnis yang sangat komplek
3. Memerlukan
perhatian dari manajemen puncak
4. Akan
mempengaruhi kemakmuran jangka panjang dari perusahaan
5. Melibatkan
pengalokasian sejumlah besar sumber-sumber daya perusahaan.
Jika
dijabarkan arti kata strategi adalah sebagai berikut:
·
Strategi adalah rencana
komprehensif untuk mencapai tujuan organisasi
·
Menurut KBBI, strategi
adalah ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa untuk melaksanakan
kebijaksanaan tertentu dalam perang maupun damai.
·
Secara eksplisit,
strategi adalah rencana tindakan yang menjabarkan alokasi sumber daya dan
aktivitas lain untuk menanggapi lingkungan dan membantu organisasi mencapai
sasarannya.
·
Pengertian strategi
secara umum, yaitu strategi merupakan proses penentuan rencana para pemimpin
puncak yang terfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan
suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.
·
Pengertian strategi
secara khusus, yaitu strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental
(senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut
pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan.
·
Intinya strategi adalah
pilihan untuk melakukan aktivitas yang berbeda atau untuk melaksanakan
aktivitas dengan cara berbeda dari pesaingnya.
No comments:
Post a Comment