A.
HUBUNGAN
STRATEGI DAN MODEL BISNIS
1. PENGERTIAN
MODEL BISNIS
Model
bisnis adalah merupakan alat bantu yang menjelaskan bagaimana suatu organisasi
menciptakan, memberikan, dan menangkap suatu nilai tambah.
Alat ini digunakan untuk memberikan
pandangan yang menyeluruh akan proses bisnis yang kita akan rencanakan, atau bahkan
menjelaskan bisnis yang sedang dijalankan. Model bisnis bisa membantu kita
dalam menganalisis masalah dan mencari solusinya.
Sedangkan pengertian lain dari model
bisnis adalah metode yang digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan uang di
lingkungan bisnis dimana perusahaan beroperasi (Wheelen dan Hunger, 2010:110).
Sedangkan menurut Rappa (2000), model
bisnis adalah metode yang digunakan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya yang
membuat perusahaan dapat bertahan.
2. HUBUNGAN
STRATEGI DENGAN MODEL BISNIS
Strategi
dan model bisnis memiliki hubungan yang erat. Model bisnis bisa didefinisikan
sebagai paparan strategi yang harus dibuat di sebuah bisnis sebelum memulai
kompetisi dengan bisnis lainnya. Banyak sekali strategi yang harus dijelaskan
dalam sebuah model bisnis karena strategi tersebut berhubungan dengan banyak
aspek dalam sebuah bisnis. Model bisnis sendiri mengatur tentang tujuan
hubungan antara perusahaan dengan supplier, dengan distributor, atau dengan
pelanggan secara langsung.
Apabila
kita mampu menjabarkan model bisnis dengan benar, maka hal ini dapat membantu
kita menemukan tujuan bisnis secara jelas dan dapat digunakan untuk menentukan
target apa yang harus dicapai terlebih dahulu. Setelah kita mampu menjabarkan
target yang akan dicapai, maka langkah yang selanjutnya kita lakukan adalah
menentukan strategi bisnis apa yang akan dilakukan untuk mencapai target yang
telah direncnakan.
No comments:
Post a Comment